Rabu, 25 April 2012

STRUKTUR ORGANISASI PERBANKAN


PENDAHULUAN
Organisasi pada sebuah Bank yang sudah berbadan hukum harus mempunyai garis tugas dan wewenang yang jelas. Hal ini dimaksudkan agar proses kerja sama antara pimpinan dan bawahan dapat berjalan dengan baik, dan para bawahan dapat bertanggung jawab kepada atasan dengan bidangnya masing-masing sehingga tujuan suatu organisasi dapat tercapai.
Adapun tugas dan tanggung jawab serta wewenang masing-masing bagian dalam struktur organisasi Bank sangat tergantung pada kebiasaan-kebiasaan pada masing-masing Bank tersebut. Namun secara garis besar struktur organisasi pada sebuah bank dengan bank lainnya relative sama.

PEMBAHASAN

PIMPINAN CABANG
Seseorang yang tugasnya bertanggung jawab untuk memimpin atau memanage jalannya suatu organisasi perbankan.Dalam, menjalankan tugasnya dibantu oleh dua wakilnya,yaitu :
MANAGER OPERATION (MO)
Seseorang yabg tugasnya membantu pimpinan cabang dalam bidang operasi yang biasa dalam perbankan disebut dengan bank office.Dalam penguperasian bank Manager Operasi membawahi:
-          Kasir :Biasanya dalam suatu kantor cabang ada sekitar 4-5 orang yang tugasnya membantu nasabah untuk menerimaan dan pengambilan uang,transfer,pengiriman uang dan menabung.Biasanya para kasir-kasir tersebut dikepalai oleh kepala kasir.
-           Deposito :Seseorang yang tugasnya membuat document (surat berharga) dari nasabah yang biasanya berjangka waktu 1 bulan,3 bulan,6 bulan,12 bulan.
-          Tabungan :Seseorang yang mencatat dan membukukan tabungan dari nasabah.
-          Kliring :Seseorang yang tugasnya memindahkan dan mencatat dana-dana nasabah ke Bank lain dalam bentuk warkat (cek dan giro) jadi bahan dalam bentuk tunai.
-          Transfer:Seseorang yang tugasnya memindahkan dan mencatat dana-dana nasabah ke Bank lain dalam bentuk tunai.
-          Administrasi Kredit :Seseorang yang tugasnya mencatat dan menyimpan jaminan-jaminan kredit nasabah.Jaminan-jaminan itu disimpan dalam khazanah (Brankas/Lemari besi).

MANAGER MARKETING (MM)
 Seseorang yang tugasnya membantu pimpinan cabang dalam bidang marketing (pemasaran).
Dalam perbankan manager marketing membawahi :
-          AAO (Assistant Account Officer). Seseorang yang tugasnya membantu Manager Marketing
-          Marketing Funding :Seseorang yang tugasnya mencari dan memngumpulkan dana nasabah·
-          Marketing Landing :Seseorang yang tugasnya member kredit pada nasabah
-          Consumer Marketing :Seseorang yang tugasnya member kredit consumer pada nasabah (kredit rumah,kredit mobil dll).
-          Costumer Service :Seseorang yang tugasnya membantu nasabah dalam membuka tabungan,membuka deposito.
-          Legal :Seseorang yang tugasnya membantu marketing dalam bidang hukumnya dalam memberikan  kredit.
-          Bagian Umum :Seseorang yang tugasnya mengeluarkan dan mencatat seluruhnya yang dibutuhkan,misalnya tiket-tiket perjalanan (aplikasi-akomodasi),perlengkapan dapur dan barang-barang dapur untuk karyawan.
-          Satpam ;Seseorang yang tugasnya menjaga keamanan Bank tersebut.
-          Office Boy (OB) :Seseorang yang tugasnya membantu karyawan membeli makanan,membuat minuman dan membantu mengantar surat-surat nasabah yang urgent,serta membersihkan seluruh gedung kantor.
-          Driver :Seseorang yang tugasnya mengantar karyawan untuk kepentingan kantor dan menjaga kendaraan dan kebersihan kendaraan.
SEKRETARIS :Seseorang yang tugasnya membantu pimpinan cabang dalam bidang surat menyurat atau mengurusi segala kepentingan pimpinan cabang.
AUDIT : Tugasnya mengawasi pengoperasian perbankan,tetapi pekerjaannya tidak di bawah pimpinan cabamg,melainkan bertanggung jawab langsung pada kantor pusat.

KESIMPULAN
Suatu struktur organisasi harus mampu .menggunakan sumber daya yang ada dalam perusahaan secara optimal. Struktur organisasi itu harus mampu mengatur tatahubunganyang harmonis antara unit-unit organisasi didalamnya. Oleh karena itu suatustruktur organisasi harus memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti olehsemua pihak yang terikat dalam organisasi, dengan demikian pencapaian tujuan akanterwujud sesuai dengan yang ditetapkan.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar