Rabu, 25 April 2012

Rumus Dasar Kurs Dollar VS Rupiah


PENDAHULUAN
Negara menjadi lebih tidak stabil bila mata uangnya akan turun. Dan Indonesia tampaknya merasakan dampak yang pasti terhadap mata uangnya, Indonesian Rupiah (IDR). Rupiah jatuh 1 persen menjadi 10.230/US Dollar segera setelah ledakan bom di dua hotel Jakarta yang menewaskan 9 orang. Ini benar-benar sebuah insiden yang menyesalkan karena Indonesia baru saja melalui suatu pemilihan yang gemilang dengan memberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mandat yang kuat, dengan harapan bahwa ini akan mempercepat reformasi dalam perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan menstabilkan Rupiah Indonesia.
Sejak insiden Bali, Indonesia belum melihat ledakan bom besar selama beberapa tahun. Dibandingkan dengan kejadian terakhir di Bali, orang-orang Indonesia lebih siap kali ini dengan reaksi cepat dalam hal penanganan media, mengobati yang terluka dan segera kembali dengan rutinitas sehari-hari mereka seperti biasa. Dengan demikian, insiden ledakan bom berpengaruh pada nilai Rupiah Indonesia. Tidak seperti Singapura yang telah mengalami penyusutan dalam pertumbuhan, Indonesia masih mampu tumbuh dengan ekonomi mereka di sekitar 3,5% .

PEMBAHASAN
Sebenarnya apa hubungannya investasi asing dengan kurs rupiah dollar? Kenapa jika investasi luar negeri Indonesia naik maka kurs dollar melemah dan kurs rupiah menguat? Berikut ini penjelasannya.
Kurs dollar vs rupiah tergantung hukum keuangan permintaan penawaran mata uang dollar vs rupiah. Investor luar negeri jual dollar dan beli rupiah untuk investasi Indonesia, karena investor asing investasi rupiah dan bukan investasi dollar. Jika investor luar negeri jual dollar berarti permintaan dollar turun. Bila permintaan dollar turun, otomatis kurs dollar akan turun. Jika investor asing beli rupiah berarti permintaan terhadap rupiah naik, bila hal ini terjadi maka kurs rupiah naik.
Keuntungan investasi luar negeri adalah kurs rupiah yang menguat itu karena mereka melakukan investasi di mata uang asing, seperti rupiah dan bukannya dollar. Hal ini akan membuat kita mengerti mengapa Indonesia butuh investasi dari luar negeri, khususnya investasi sektor riil.
Itulah pentingnya mengapa pemerintah Indonesia harus membangun fasilitas investasi terbaik, membangun infrastruktur, dan kepastian hukum supaya investor asing kelas dunia menilai Indonesia bisnis yang bagus dan mereka mau menginvestasikan saham di perusahaan Indonesia yang terbaik.

KESIMPULAN
Rupiah Indonesia (IDR) masih mungkin untuk distabilkan dan diperkuat dalam jangka panjang terhadap US Dollar (USD). Rupiah telah pulih dari beberapa kerugian. Saat ini, 1 dolar AS dibandingkan dengan 10.101 rupiah Indonesia. Indonesia akan berharap bahwa Rupiah Indonesia (IDR) dapat melakukan perdagangan di bawah level 10.000. Yang mungkin segera datang, kecuali jika ledakan bom terjadi lagi dan mudah-mudahan tidak terjadi hal tersebut.

REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar