Kamis, 03 Maret 2011

TUGAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

1. Jelaskan yang dimaksud kesamaan Nilai Perjuangan yang dapat menumbuhkan jiwa Patriotik!

Jawab :


Kesamaan nilai perjuangan yang dapat menumbuhkan jiwa patriotik adalah bahwasanya setiap nilai-nilai yang diamalkan oleh masing-masing pihak baik itu berupa nilai pengorbanan maupun tenaga yang diperuntukkan demi membela bangsa ataupun negara, yang didasarkan berdasarkan pada pengalaman sejarah yang telah mereka taruhkan.yaitu rela berkorban demi apapun hanya untuk negara tercinta.dan tak peduli meskipun itu nyawa ataupun tenaga yang harus dikorbankan.demi mencapai semua cita-cita yang diharapkan sebelumnya.


2. Jelaskan Unsur Deklaratif dari terbentuknya sebuah negara!

Jawab :

Rakyat merupakan unsur terpenting dari negara. Rakyatlah yang pertama-tama berkepentingan supaya organisasi negara berjalan dengan lancar dan baik serta mampu mewujudkan tujuannya.

Penduduk ialah orang-orang yang bertempat tinggal dan menetap di wilayah suatu negara. Orang-orang yang berstatus penduduk dan warganegara Indonesia berhak dan berkewajiban untuk ikut serta dalam pembelaan negara sesuai dengan bidangnya.

Selain rakyat, maupun penduduk masih ada satu unsur lagi bagi negara, yaitu pengakuan dari negara-negara lain. Pengakuan dari negara-negara lain bukanlah merupakan unsur pembentuk negara, tetapi sifatnya hanya menerangkan saja tentang adanya negara. Dengan kata lain pengakuan dari negara lain hanya bersifat deklaratif saja.

Pengakuan negara lain ada dua macam, yaitu :
a. Pengakuan de facto
Adalah pengakuan secara kenyataan, berdasar fakta bahwa negara itu ada. Yang telah berdiri dan menjalankan kekuasaan sebagaimana negara berdaulat lainnya dan secara formal dapat ditingkatkan kedudukannya menjadi suatu judicial fact(pengakuan de jure).
Pengakuan secara de facto hanya bisa bekerjasama dibidang ekonomi dan perdagangan.

b. Pengakuan de jure
Adalah pengakuan secara resmi sesuai dangan hukum internasional.
Dan pengakuannya bersifat selama-lamanya. Pengakuan secara de jure biasanya meliputi kerja sama dibidang ekonomi dan diplomatik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar