A. Contoh Kasus
Pada tanggal 8 Juni 2007 perusahaan melakukan penjualan barang kepada Alpha Komputer dengan rincian pemesanan sebagai berikut :
Quantity Nama Barang Harga Satuan Total
1 Unit Pentium 4 Core 2 Duo 4.600.000,- 4.600.000,-
1 Unit AMD AM2-X2 3.800.000,- 3.800.000,-
Untuk mencatat pemesanan diatas (no. invoice : 60/TD/07), ikuti langkahnya sebagai berikut :
1. Buka program MYOB Accounting.
2. Pada Command Centre, klik tab menu Sales.
3. Klik menu Enter Sales.
4.Tampilan jendela New Sales akan muncul.
5. Klik INVOICE untuk membuat faktur penjualan.
6. Klik menu Layout dan pilih layout Item untuk form faktur penjualan.
7.Pilihlah customer dengan mengklik pull down list yang ada di kolom customer. Pilih customer sesuai dengan pemesanaan yang dilakukan, klik Use Customer.
8. Kosongkan check box Tax Inclusive.
9. Alamat perusahaan secara default akan tampil otomatis.
10.Pada field Ship, isikan dengan jumlah barang yang dipesan.
11.Pada field Item Number , pilih dan tekan enter. Jendela Item List akan muncul. Pilih itemnya dan klik Use Item.
12.Masukkan harga beli, kosongkan Disc dan Job.
Hasilnya akan tampak pada layar.Kolom Tax secara otomatis akan terisi jumlah sebesar 10% dari totalpenjualan. Kolom Paid Today bisa diisi dengan total penjualan jika customer inginlangsung membayar atau diisi sebesar uang muka yang sisanya akan dibayar beberapa hari kemudian. Selain dari itu cukup dikosongkan saja.
13.KlikRecord jika ingin merekam data penjualan yang telah diinput.
- Mencatat Penjualan Berulang
Untuk perusahaan yang memiliki perputaran transaksi yang cukup cepat,terkadang terdapat transaksi-transaksi penjualan yang sifatnya terusberulang.Pada MYOB terdapat fasilitas yang bisa untuk melakukan hal tersebut secaraotomatis. Fasilitas tersebut dikenal dengan istilah Recurring.
- Save Recurring
Diasumsikan kita akan menggunakan transaksi yang telah diinput diatas sebagai transaksi yang bersifat rutin. Langkah-langkah yang dilakukanselanjutnya antara lain :
- Pada Command Centre klik tab menu Sales kemudian pilih menu Transaction Journal. Setelah tampilan jurnal penjualan muncul, klik Save Recurring yang terdapat dibagian bawah form.
- Jendela Save Recurring Template akan muncul. Pada form ini kita diminta untuk mengisi jadwal kapan transaksi tersebut terjadi.
- Klik Save
- Use Recurring Untuk menggunakan template recurring , ikuti langkah-langkah sebagaiberikut :
a. Pada form sales , klik Use Recurring.
b. Jendela Recurring Templates akan tampil. Kita bisa melihat template yang telah direkam sebelumnya. Untuk menggunakannya cukup dengan memilih nama transaksinya kemudian klik Select atau bisa jugadengan mengklik ganda nama transaksinya.
c. Klik Record jika kita ingin merekam transaksinya dan klik Cancel jika tidak.
d. Klik Close untuk kembali ke Command Centre
- Mencatat Retur Penjualan
Sebagai contoh, pada tanggal 10 Juni 2007 Alpha Komputer mengembalikan 1 unit Pentium 4 Core 2 Duo dikarenakan mengalami kerusakan dalam perjalanan. Untuk mencatat pengembalian ini, langkah-langkah yangdilakukan antara lain :
1. Pada Command Centre , klik tab menu Sales kemudian pilih menu Sales Register.
2. Pada Jendela Sales Register, pilih tab menu Returns & Credits, klik New Sales untuk membuat transaksi retur penjualan.Tampilan New Item Sales akan muncul.
3. Pada transaksi tanggal 08 Juni 2007, perusahaan menjual 1 unit Pentium 4Dual Core dan 1 unit Pentium 4 Core 2 Duo. Karena adanya kerusakan dalam perjalanan maka dibuatlah retur penjualan atas barang yangditerima kembali yaitu Pentium 4 Dual Core.
4. Untuk field Ship diisi dengan jumlah negatif 1. Hal ini akan membuat nilai penjualan item tersebut menjadi minus sehingga akan mengurangi jumlah piutang perusahaan.
5. Jika semua data telah dimasukkan, klik Record.
6. Data retur akan terekam dalam Sales Register - Returns and Credits.
7. Transaksi penjualan yang telah diretur sebelumnya belum mengurangi jumlah piutang perusahaan atau dengan kata lain transaksi penjualan yang diretur masih bersifat open. Lihat daftar transaksi pada tab menuOpen Invoices
Jika diperhatikan jumlah saldo yang terutang masih belum berubah meskipun sudah dibuatkan jurnal retur pembeliannya.
8. Untuk menutup jurnal retur sehingga jumlah saldo piutang akan berkurang sebesar retur yang terjadi dapat dilakukan dengan caramengklik tab menu Returns & Debits. Pilih transaksi retur yang akanditutup kemudian klik Apply to Sale.
9. Jendela Settle Returns & Debits akan menampilkan transaksi-transaksi kredit dari masing-masing supplier.
Klik field Ammount Applied pada baris transaksi yang akan diretur. Field tersebut akan langsung terisi dengan jumlah retur penjualan yang terjadi dan jumlah pada kolom Out of Balance akan menjadi nol.
10. Klik Record untuk menyimpan perubahan. Secara otomatis data retur yang telah diproses dihapus.
11. Jika kita ingin melihat perubahan jumlah saldo terutang, klik tab menu Open Invoice.
12. Klik Close untuk kembali ke tampilan sebelumnya.
- Mencatat Penerimaan Pembayaran Piutang
Untuk mencatat penerimaan piutang perusahaan, ikuti langkah-langkahs ebagai berikut :
1. Pada Command Centre, klik tab menu Sales kemudian klik menu Receive Payments.
2. Jendela Receive Payments akan muncul.
Sebagai contoh, pada tanggal 12 Juni 2007 perusahaan menerima pembayaran atas transaksi penjualan kredit tanggal 21 Mei 2007 sebesarRp. 8.350.000,-. Langkah yang dilakukan yaitu :
Tentukan customer yang akan melunasi, secara otomatis daftar transaksiyang telah terjadi atas nama customer tersebut akan muncul.
Pilih transaksi yang akan dilunasi, pada field Amount diisi dengan jumlah yang akan diterima dan arahkan pointer ke field Amount Applied. Secara otomatis field Amount Applied akan terisi sejumlah Amount yang akanditerima.
Tekan Tab maka nilai dalam field Out of Balance akan berubah menjadi Rp. 0,00 yang menandakan bahwa saldo utang untuk transaksi tanggal 21Mei 2007 telah dibayar.
3. Klik Record untuk merekam transaksi.
4. Klik Cancel untuk kembali ke Command Centre.
- Menampilkan, Memperbaiki, dan Menghapus Jurnal Transaksi
1. Menampilkan Jurnal Transaksi
a. Pada Command Centre pilih tab menu Sales kemudian klik menu Transaction Journal.
b.Pada Date From isikan periode jurnal yang akan ditampilkan yaitu01/06/2006 To 31/06/2006. Semua jurnal penjualan dalam periodetersebut akan tampil.
c.Klik Close.
2.Memperbaiki Jurnal Transaksi
a.Pada tampilan Transaction Journal , klik tanda panah yang terdapat disebelah kiri baris
transaksi yang mau diperbaiki.
b.Jendela jurnal akan tampil, lakukan perbaikan dengan mengubah data-data yang ada.
c.Klik OK jika telah diperbaiki datanya.
3.Menghapus Jurnal Transaksi
a.Pada tampilan Transaction Journal, klik tanda panah yang terdapat disebelah kiri baris transaksi yang mau dihapus
b.Jendela jurnal akan tampil, pilih tab menu Edit kemudian klik DeleteSale.
c.Klik OK jika telah dihapus datanya.
Catatan : Jurnal masih bisa diubah/diedit atau dihapus jika belum adanya transaksi pembayaran/pelunasan (Open Transaction).
- Laporan Penjualan
Untuk membuat laporan penjualan, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Pada Command Centre , klik Menu Pull Down Report dan pilih Sales
2. Jendela Report akan tampil. Kita pilih jenis laporan transaksi yang akan ditampilkan dengan memilih menu tab yang tersedia.
3. Kita bisa melakukan kustomisasi terhadap format laporan seperti jangka waktu transaksi, bentuk form, dan lain-lain. Untuk melakukan kustomisasi,klik Customize, Jendela customize akan tampil.
4. Jika kita sudah melakukan kustomisasi, klik Display.
5. Klik Close.
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar