Sabtu, 27 November 2010

Komunikasi Data dan Keamanan Sistem Informasi serta Pengendalian dalam pengembangan sistem informasi

PENDAHULUAN
Komunikasi data harus bisa diolah secara baik karena komunikasi data adalah suatu bahan untuk mendapatkan informasi data. Keamanan data menjadi hal yang sangat penting di perusahaan penyedia jasa teknologi informasi (TI) maupun industri lainnya. Berkaitan dengan keamanan system informasi, diperlukan tindakan berupa pengendalian terhadap sistem informasi.

TINJAUAN PUSTAKA
“ Keamanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian sistem informasi, yang dimaksudkan untuk mencegah ancaman terhadap sistem serta untuk mendeteksi dan membetulkan akibat kerusakan sistem.” , Feby_Kitty
“ Keamanan sistem mengacu pada perlindungan terhadap semua sumberdaya informasi organisasi dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.” , Yemima Handani

PEMBAHASAN
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.
Disamping itu, komunikasi data memerlukan keamanan informasi untuk melindungi data tersebut. Keamanan informasi terdiri dari perlindungan terhadap aspek-aspek berikut :
1. Confidentiality (kerahasiaan) aspek yang menjamin kerahasiaan data atau informasi, memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan menjamin kerahasiaan data yang dikirim, diterima dan disimpan.
2. Integrity (integritas) aspek yang menjamin bahwa data tidak dirubah tanpa ada ijin fihak yang berwenang (authorized), menjaga keakuratan dan keutuhan informasi serta metode prosesnya untuk menjamin aspek integrity ini.
3. Availability (ketersediaan) aspek yang menjamin bahwa data akan tersedia saat dibutuhkan, memastikan user yang berhak dapat menggunakan informasi dan perangkat terkait (aset yang berhubungan bilamana diperlukan).
MASALAH KEAMANAN DALAM SISTEM INFORMASI
Keamanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian sistem informasi, yang dimaksudkan untuk mencegah ancaman terhadap sistem serta untuk mendeteksi dan membetulkan akibat kerusakan sistem. Secara garis besar, ancaman terhadap sistem informasi dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu ancaman aktif dan ancaman pasif. Ancaman aktif mencakup kecurangan dan kejahatan terhadap komputer, sedangkan ancaman pasif mencakup kegagalan sistem, kesalahan manusia dan bencana alam. Kegagalan sistem menyatakan kegagalan dalam peralatan-peralatan komponen (misalnya hard disk).
Berkaitan dengan keamanan system informasi, diperlukan tindakan berupa pengendalian terhadap sistem informasi. Adapun beberapa unsur pengendalian adalah sebagai berikut :
1. suatu standar yang memmemperincikan prestasi yang diharap.hal ini besa berupa anggaran prosedur pengoperasian,atau suatu algoritma keputusan.
2. suatu ukuran prestasi aktual.
3. suatu perbandingan antara prestasi yang diharapkan dan nyata.
4. suatu laporan penyimpangan pada sebuah unit pengendalian, misalnya seorang manajer
5. suatu rangkaian tindakan yang diambil unit pengendalian untuk mengubah prestasi mendatang kalau saat ini ada keadaan yang kurang menguntungkan disertai serangkaian aturan keputusan untuk pemilihan jawaban yang tepat.

PENUTUP
Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah bahwa komunikasi data harus mempunyai keamanan data untuk melindungi data tersebut. Pengendalian dalam system informasi diperlukan untuk menindaki keamanan informasi. Saran saya untuk pembahasan ini, harus digali lebih dalam lagi dalam informasi tentang menjaga data tersebut, karena jika data itu tidak baik, maka akan berpengaruh besar bagi yang menggunakannya.

REFERENSI
http://www.scribd.com/doc/25557302/KEAMANAN-INFORMASI
http://achodik.wordpress.com/2010/11/03/pengendalian-keamanan-sistem-informasi/
http://upi0704500.blog.upi.edu/2009/06/01/sistem-pengamanan-informasi-pada-perusahaan-pertamina/
http://html-pdf-converter.com/pdf/pelaksanaan-sistem-informasi-manajemen-dan-efektivitas-kerja-pegawai-manual.html
http://feby.blog.perbanas.ac.id/page/3/
http://www.docstoc.com/docs/13542645/Keamanan-Sistem-Informasi
http://yemimaidea-41207373.blogspot.com/2009/10/pengamanan-dan-pengendalian-sistem.html
http://blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/07/12/keuntungan-dan-kelemahan-dari-pengembangan-sistem-informasi-secara-outsourcing-dibandingkan-dengan-insourcing/
http://wittalistiya.blogspot.com/2010/11/komunikasi-data-serta-pengendalian.html
http://priambodo666.wordpress.com/2009/12/17/keamanan-dan-kontrol-sistem-informasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar