Senin, 27 September 2010

Sistem Informasi Manajemen


PENDAHULUAN
SIM atau sistem informasi manajemen adalah sistem yang mengolah suatu informasi. SIM sangat berperan penting dalam perusahaan.  Tidak hanya perusahaan namun semua orang membutuhkan suatu informasi dalam memecahkan masalah yang ada. Maka dari itu, dibutuhkan suatu sistem untuk mengolah informasi tersebut.

TINJAUAN PUSTAKA
Ir.Eko Nugroho, m.Si “Sistem informasi manajeman:konsep,aplikasi dan perkembangan” 2008.
Aditya “Sistem informasi berbasis computer”2010.
SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi.” (Kroenke, David, 1989)

PEMBAHASAN
·         Definisi Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen yang biasa juga kita sebut sebagai SIM merupakan suatu sistem mesin / manusia yang memberikan peranan penting bagi suatu perusahaan  untuk mengolah suatu informasi. Informasi  dari perusahaan tersebut tersedia berupa laporan-laporan yang di olah oleh seorang manager atau non manager dalam pengambilan suatu keputusan. Jika suatu perusahaan tersebut kekurangan informasi  maka akan berpengaruh dalam sumber dayanya, sehingga dalam mengambil keputusan  tidak akurat dan dapat menjatuhkan perusahaan tersebut dengan pesaing perusahaan yang lain. Di perusahaan mengolah informasi digunakan oleh computer dengan sistem yang ada,karena lebih cepat dan lebih mudah. Sistem informasi manajemen menggunakan perangkat keras(hardware) dan perangkat lunak(software). Maka timbullah system informasi berbasis computer. Sistem informasi berbasis computer adalah suatu system yang menggunakan computer untuk mengolah informasi tersebut.  Ternyata SIM terbagi menjadi 3 ruang lingkup yaitu sistem, informasi, dan manajemen. Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang ada untuk mencapai suatu tujuan yang di inginkan. Sedangkan, Informasi adalah kumpulan dari suatu sumber yang benar – benar fakta dan dapat dijadikan sebagai suatu pengetahuan yang penting bagi yang memerlukannya. Dan Manajemen adalah suatu wadah untuk mengatur sesuatu yang ada, salah satunya informasi yang biasanya di olah oleh seorang manager. SIstem informasilah yang telah menunjukan bahwa suatu system itu dapat berguna untuk suatu informasi. SIM dapat digambarkan sebagai pyramid yang dimana lapisan-lapisannya berupa informasi pengolahan data,transaksi,dan lain-lain. Pengertian system manajemen informasi juga dapat dijelaskan dengan pemasukan data(input),lalu diproses dan mengeluarkan hasil yang diinginkan(output).

·         Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Fungsi SIM tidak jauh dengan pengertian-pengertian yang ada. Namun dapat dikembangkan ataupun disimpulkan sebagai fungsinya saja agar lebih dapat dipahami.
Fungsi SIM sebagai berikut :
1.       Mengolah data
2.       Memberikan informasi yang jelas untuk yang memerlukannya
3.       Mendapatkan informasi yang menggunakan system
4.       Penyimpanan data
5.       Mengembangkan proses perencanaaan
6.       Pendukung pengambilan keputusan
SIM sangat berguna untuk perusahaan dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan perusahaan tersebut. Dan juga sangat membantu perusahaan untuk mengambil suatu keputusan yang telah direncanakan perusahaan.

PENUTUP
Dalam definisinya,system manajemen informasi  adalah system yang mengolah data atau informasi tersebut. Karena adanya sistem informasi, system menjadi berguna untuk sebuah informasi yang ada. Perusahaan sangat memerlukan SIM untuk membantu memajukan perusahaannya karena jika salah mengambil keputusan, resikonya perusahaan tersebut dapat kalah dalam dunia persaingan.
Saran saya, SIM tidak hanya berkaitan dengan mesin dan manusia saja, bisa saja mesin dengan mesin lalu manusia dengan manusia. Dan akhirnya bisa dipelajari lebih dalam lagi untuk definisi dan pengertian Sistem Informasi Manajemen.

REFERENSI
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/definisi-dan-fungsi-sim/
http://www.docstoc.com/docs/22289499/DEFINISI-SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/kesimpulan-tugas-sim/
http://viansari.blogdetik.com/2009/10/23/mengulik-definisi-fungsi-serta-komponen-komponen-sim/
http://nursrimulyani.blogdetik.com/2009/10/28/pengertianfungsikomponen-sim/
http://myblooger.blog.dada.net/post/661314/Definisi-Sistem-Informasi
http://www.kampusciamis.com/artikel/artikel-umum/47-konsep-dasar-sistem-informasi-manajeman.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15
http://oktadymalik.multiply.com/journal/item/43
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_sistem_informasi/bab1-gambaran_tentang_sistem_informasi_manajemen.pdf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar