Senin, 27 September 2010

GAMBARAN UMUM DAN STRUKTUR SIM


Pendahuluan
Dalam Sistem Informasi Manajemen mempunyai gambaran umum dan strukturnya. Gambaran umum SIM dapat berupa pengertian dari para ahli, contoh, dan lain-lainnya. Sedangkan pada strukturnya dibedakan menjadi 2 yaitu system formal dan non formal. Mengenai gambaran umum dan struktur nya akan kita bahas lebih dalam lagi dengan artikel ini.


Tinjauan Pustaka
“Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal). Sistem formal adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Sistem nonformal adalah sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan “ (Gordon,1999).
“Dukungan pengolahan untuk pengendalian operasional terdiri atas: pengolahan transaksi, pengolahan laporan, dan pengolahan pertanyaan. Ketiga jenis pengolahan berisikan berbagai macam pembuatan keputusan yang melaksanakan aturan keputusan yang telah disetujui atau menyajikan suatu keluhan yang mengeluarkan yang akan diambil “ (Gordon,1999).


Pembahasan
·         * Gambaran Umum SIM
Informasi sangatlah penting bagi orang yang membutuhkannya. Namun informasi itu tidak akan menjadi sebuah informasi yang penting jika orang tersebut tidak membutuhkannya. Ada beberapa manusia yang membutuhkan suatu informasi untuk menambahkan pengetahuan mereka. Tidak hanya manusia namun mesinpun seperti computer membutuhkan suatu informasi untuk mengolah data yang diinput ke dalamnya oleh user. Informasi itu dapat di olah dengan menggunakan system yang disebut dengan system informasi manajemen. Dengan adanya system ini, dapat lebih mudah mengatur dan mengolah suatu informasi dengan akurat, karena jika informasi penting tidak di olah secara baik maka mungkin akan berdampak buruk bagi yang menerima informasi yang tidak lengkap tersebut. Contohnya saja, jika suatu perusahaan mendapatkan informasi penting yang benar dari sebuah system yang ada di dalamnya, maka perusahaan tersebut lebih mudah berkembang untuk bersaing dengan perusahaan yang lainnya. Karena perusahaan tersebut telah mengambil keputusan yang benar dalam menjalankan perencanaan dengan suatu system yang ada. Begitipun sebaliknya, jika suatu perusahaan tersebut tidak mendapatkan informasi yang benar dan tidak memakai suatu system dalam mengambil keputusan, maka perusahaan tersebut akan lebih terbelakang dari perusahaan yang lainnya karena kekurangan sebuah informasi yang seharusnya bisa di olah dengan menggunakan system informasi manajemen tersebut. Maka dari itulah informasi sangat berperan penting bagi perusahaan. Ada bermacam-macam system informasi :
1.       Sistem reservasi pesawat terbang, digunakan dalam biro perjalanan untul melayani pemesanan/ pembelian tiket.
2.       Sistem biometric biasanya digunakan untuk mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan menggunakan sidik jari.
3.       Sistem POS(Point Of Sale) yang digunakan untuk membaca barcode barang dalam sebuah pasar swalayan.
4.       Sistem telemetri atau pemantauan jarak jauh yang digunakan untuk mengukur besaran gelombang yang mengakibatkan gempa bumi.
5.       Sistem untuk menangani kredit mobil, sehingga user tersebut lebih mudah untuk mengetahui siapa yang masih mempunyai kredit pada mobilnya.

·         * Struktur SIM
Struktur SIM dibedakan menjadi 2 yaitu system formal dan non formal. Sistem formal adalah system terstruktur yang dijalankan dengan norma-norma yang ada dalam sustu organisasi. Sistem non formal adalah system tidak tersturktur yang didapat dari melalui saluran-saluran tidak resmi namun cukup berperan  juga dalam sebuah organisasi.
1.       Struktur system informasi berdasarkan kegiatan manajemen
Kegiatan perencanaan dan pengendalian manajemen dibagi atas 3 macam yaitu: kontrol operasional, kontrol manajemen, dan perencanaan stategi. Kontrol operasional adalah suatu pengendalian yang di operasikan secara efisien. Kontrol manajemen adalah suatu pengendalian yang di atur untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Perencanaan strategi adalah suatu langkah untuk mencapi suatu tujuan yang diinginkan.

2.        Struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi
 Suatu informasi dapat menjadi fungsi oraganisasi yang akan dijalankan karena informasi tersebut  berguna untuk pemasaran, personalia, keuangan dan lain-lain.

3.       Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik
Struktur  system informasi manajemen secara konseptual adalah subsistem fungsional yang terpisah ditambah suatu pangkalan data, beberapa aplikasi umum, dan satu model dasar analisa umum dan model keputusan. Sedangkan struktur fisik adalah semua aplikasi terdiri atas program yang sama sekali terpisah, tetapi hal ini tidak selalu demikian adanya sehingga ada penghematan yang cukup besar dari pengolah terpadu dan pemakain modul umum.

Penutup
Informasi sangat berperan penting dimana saja, karena jika kita tidak mendapatkan suatu informasi yang benar maka kita tidak akan bisa menambah pengetahuan kita. Informasi yang baik juga dapat di olah dengan suatu system informasi manajemen. Saran saya, gambaran umum dan struktur  SIM ini sangat baik untuk dipelajari karena jika anda ingin mengetahui SIM secara ringkas, anda dapat membaca gambaran umum tentang SIM maka anda akan tahu bagaimana inti dari maksud pengertian SIM itu.

Referensi
http://blog.re.or.id/struktur-sistem-informasi-manajemen.htm
http://nissaajah91.wordpress.com/2010/03/23/makalah-struktur-sistem-informasi-manajemen/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/sistem-informasi-manajemen-18/
http://ranisuryanirosa.blogspot.com/2009/10/struktur-sistem-informasi-manajemen.html
http://syopian.net/blog/?p=796
http://www.docstoc.com/docs/22289521/%29-SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN-Oleh-Herdiyanto
http://www.scribd.com/doc/17059482/Gambaran-Umum-Sistem-Informasi-Dan-Teknologi-Informasi
http://sttdb.wordpress.com/2009/12/04/gambaran-umum-sistem-informasi-dan-teknologi-informasi/
http://nadiapritta.blogspot.com/2009/12/gambaran-umum-sistem-informasi-dan.html
http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab1.pdf
  


2 komentar:

  1. kak, pada artikel ini ditulis "jika suatu perusahaan tersebut tidak mendapatkan informasi yang benar dan tidak memakai suatu system dalam mengambil keputusan, maka perusahaan tersebut akan lebih terbelakang dari perusahaan yang lainnya". bisa ga disebutin contohnya dampak apa saja yang mungkin terjadi pada kondisi tersebut..makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Saya belum tahu contoh yg pasti pada nama perusahaan y apa namun yang saya dapat dari sumber yang lain seperti itu ..
    Dampaknya, perusahaan tersebut bisa saja bangkrut atau pun kalah saing dengan perusahaan lainnya dalam hal saham ..
    kurang lebih y mohon maaf yach ..

    BalasHapus