Senin, 27 September 2010

BEBERAPA KOMPONEN YANG TERDAPAT DALAM SIM

Pendahuluan
SIM merupakan system  mesin / manusia yang memerlukan komponen-komponen  pendukung yang memperlancar jalannya suatu proses. Beberapa komponen tersebut berperan penting untuk pengolahan informasi.

Tinjauan Pustaka
“Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.”  (Adi.pranata ,2010)
Menurut Drs. Moekijat (2005),”Komponen Sistem Informasi Manajemen adalah system,subsitem,data,inormasi,manajemen.”

Pembahasan
Informasi adaah sesuatu yang penting untuk menambah pengetahuan kita, maka dari itu dibentuklah sebuah system yang di dalamnya terdapat beberapa komponen yang membantu memperlancar proses pengolahan inormasi tersebut. Komponen – komponen dalam SIM sangat membantu system tersebut dalam mengambil suatu keputusan yang benar dan aktual. Jika tidak ada beberapa komponen tersebut, mungkin system ini tidak dapat berjalan dengan baik. 

1.       SistemDatabase
Sistem database adalah suatu system yang dapat dijangkau oleh data-data. Database sangat berfungsi, karena akan lebih mudah untuk membantu memperlancar proses pengolahan informasi.

2.       DecisionSupportSystem(DSS)
DSS adalah system yang membantu proses pengambilan keputusan yang benar. DSS digunakan pada saat perencanaan suatu keputusan yang akan menjadi informasi yang benar.

3.       InformationResourceManagement(IRM)
IRM adalah pendekatan ke manager untuk mencari suatu sumber yang ada untuk melengkapi informasi yang sudah di dapat dari tempat lain. Inti dari fungsi IRM untuk pemrosesan kata dan berkomunikasi. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.

4.       UserMachineSystem
User Machine System adalah sitem yang merancang suatu keputusan dan harus mengerti sejauh mana kemampuan manusia tersebut sebagai yang mengolah informasi dalam pengambilan suatukeputusan.

5.       SynergysticOrganization
Synergystic Organization adalah sifat yang mengatur suatu organisasi dalam pengambilan keputusan tersebut sehingga hasil yang didapatkan pun lebih besar hasil jumlah anggota organisasi yang ada daripada hasil total anggota organisasi.

Adapun komponen yang lain yang berhubungan dengan SIM :
1.       Sistem
Adalah suatu elemen-elemen yang diproses untuk mendapatkan suatu tujuan yang tertentu dengan sesuai apa yang diinginkan.

2.       Subsistem
Adalah bagian terkecil dari sebuah system.

3.       Data
Adalah sekumpulan elemen yang dikumpulan dalam suatu file yang mungkin mengandung sebuah pengetahuan untuk dijadikan bahan yang di olah.

4.       Informasi
Adalah suatu data yang telah di olah menjadi sesuatu yang penting bagi yang menbutuhkannya tetapi jika tidak membutuhkannya data tersebut hanyalah data bukan berupa informasi.

5.       Manajemen
Adalah suatu wadah yang mngatur berjalannya proses pegolah informasi yang ada. Yang mengatur bias berupa mesin ataupun manusia. 

Penutup
Jika tidak ada beberapa komponen mungkin system ini tidak akan berjalan dengan sempurna. Karena peran beberapa komponen tersebut sangat berguna. Saran saya, carilah beberapa komponen lagi dengan misalnya melakukan sedikit percobaan untuk komponen apa lagi yang digunakan SIM karena mungkin tidak hanya di artikel ini namun masih banyak komponen-komponen yang lain yang membantu proses informasi dalam system informasi manajemen..


Referensi
http://22adi.blogspot.com/2010/01/komponen-pendukung-sim.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/sistem-informasi-manajemen-18/
http://manajemenaset09.blogspot.com/2008/09/komponen-sim.html?zx=9bb28d8290d73e6d
http://www.gudangmateri.com/2010/07/komponen-sistem-informasi-manajemen.html
http://blog.re.or.id/komponen-sistem-informasi-manajemen.htm
http://yeyennurlinapurnama.blogdetik.com/2009/12/27/sistem-informasi-manajemen-sim/
http://sisinfo.wordpress.com/2007/01/23/komponen-sistem-informasi/
http://blog.its.ac.id/dyah03tc/2007/10/24/pengantar-sistem-informasi/
http://nadiapritta.blogspot.com/2009/12/konsep-dasar-sistem-dan-komponen-sistem.html
http://apr1l-si.comuf.com/komponen.php
http://www.docstoc.com/docs/22289519/Sistem-Informasi-Manajemen-Konsep-Dasar-Sistem

2 komentar: