Minggu, 24 Oktober 2010

E-Commerce dan perkembangannya di Indonesia


PENDAHULUAN

E-Commerce (electronic commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan kita . E-Commerce sama saja dengan perdagangan melalui internet. Dengan adanya E-Commerce, orang-orang dapat berbelanja dengan mudah sesuai kebutuhannya masing-masing.

TINJAUAN PUSTAKA

“ Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi ”.

“ Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011 “ .

PEMBAHASAN

Di Indonesia sekarang ini, berbelanja tidak perlu harus datang ke tempatnya langsung karena di internet terdapat jasa untuk berbelanja itu sendiri. E-Commerce adalah salah satu teknologi pesat yang melakukan transaksi penjualan dan pembelian melalui jasa internet. E-Commerce dapat melibatkan transfer data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
-          Business to business (B2B):
ð  Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain
-          Business to consumer (B2C):
ð  Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi
-          Consumer to consumer (C2C):
ð  Sifarnya lelang (auction)
-          Government: G2G, G2B, G2C,
ð  melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat

E-Commerce di Indonesia berkembang sejak tahun 1996, dengan berdirinya D-Net atau Dyyacom Intrabumi sebagai perintis transakasi online. Dan D-Net telah menampung sekitar 33 toko online yang disebut D-Mall ( diakses lewat D-Net ). Ada pula www.ecommerce-indonesia.com , tempat penjualan online yang fasilitasnya lengkap. Dan ada juga Commerce Net Indonesia yang beralamat di www.isp.commerce.net.id , sebagai Commerce Service Provider ( CSP ) pertama di Indonesia. Dengan adanya E-commerce, lebih menguntungkan banyak konsumen dan penjualnya, karena bagi konsumen berbelanja dengan E-commerce bisa lebih irit dalam keuangan. Harga dalam E-Commerce pun relatif lebih murah. Di tahun medatang,E-Commerce bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di Indonesia, karena mayoritas warga Indonesia memanfaatkan E-Commerce dengan maksimal. Dan keuntungannya pun lebih banyak dibandingkan dengan belanja seperti biasa dengan datang ke toko-tokonya langsung.

Manfaat E-Commerce :
·         Revenue stream baru
·         Market exposure, melebarkan jangkauan
·         Menurunkan biaya
·         Memperpendek waktu product cycle
·         Meningkatkan customer loyality
·         Meningkatkan value chain

Namun sebagian orang masih tidak bisa percaya dengan fasilitas E-Commerce karena banyak faktor juga yang menyebabkan mereka tidak yakin. Faktor-faktornya yaitu : Infrastuktur, Kesadaran, Keamanan, Internet banking, Budaya atau kebiasaan, Penyedia E-Commerce. Di Indonesia in juga tidak lepas dari yang namanya penipuan. Orang melakukan penipuan dengan cara apa saja untuk mendapatkan uang. Dari itu untuk menjaga-jaga berhati-hatilah dan telitilah dalam menggunakan jasa E-Commerce.
PENUTUP
Kesimpulannya, E-Commerce merupakan salah satu fasilitas yang memudahkan kita untuk berbelanja, dan bagi orang yang hobi berbelanja, E-commerce sangat berguna untuk mereka karena lebih murah dan lebih mudah. Namun saran saya, jika anda ingin menggunakan E-commerce, harus lebih teliti dan hati-hati dalam menggunakannya karena masih banyak kasus penipuan yang sedang marak di Indonesia melalui jasa internet juga.
REFERENSI
http://www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
http://e-commerce.site90.net/2008/10/03/perkembangan-e-commerce/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://yatno.info/index.php?option=com_content&view=article&id=21%3Aperkembangan-e-commerce-di-indonesia&catid=10%3Ae-commerce&Itemid=15&lang=en
http://www.resep.web.id/bisnis-keuangan/perdagangan-elektronik-e-commerce-perkembangan-dan-prospeknya-di-indonesia.htm
http://www.lawskripsi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11&Itemid=11
http://blog.mojopia.com/2009/11/06/telkom-luncurkan-mojopia-untuk-mendukung-perkembangan-e-commerce-dan-kewiraswastaan/comment-page-2/
http://blog.ub.ac.id/doniiifirdana/2010/03/11/perkembangan-e-commerce/
http://duabelasblogs.blogspot.com/2010/06/e-commerce-perkembangan-teknologi.html
http://go-kerja.com/komponen-e-commerce/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar